Sejenak Dengan Ilmu dan Ulama

google image



Kini aku tahu kenapa ulama sekaliber Imam nawawi ingin mencium kaki guru beliau, mengapa tidak ulama adalah sumber ilmu dan hidayah, mereka perantara bagi kita untuk mengetahui Alqur’an dan Hadist Rasulullah…

Sebagaimana Ilmu adalah jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, ilmu menbuat kita bahagia dunia Akhirat. Dengan ilmu kita ditinggikan derajat di dunia dan akhirat, “Allah mengankat derajat orang2 yang beriman dan menuntut ilmu dengan beberapa derajat” Almujadalah: 11.

Sayyidina Ibnu abbas berkata : para ulama diangkat derajat oleh Allah diantara orang2 mukmin 700 derajat lebih tinggi, dan antara satu derajat kelainnya jarak perjalanan 500 tahun. Ihya’ ulumiddin”.

Dengan ilmu kita bisa mencapai kemulian didunia, bukankah dunia adalah ladang bagi Akhirat…?

 Seorang ulama dengan ilmunya dia menanam kebahagian yang abadi dengan memperbaiki akhlak dirinya dan orang sekitarnya, dan dengan ilmu menyeru orang-orang untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, menyeru mereka yang punya kedudukan dengan kebijaksanaan, menyeru orang awam dengan nasehat dan peringatan, dia bisa menyelamatkan dirinya dan orang lain dari Api neraka, inilah derajat manusia yang sangat perfect.

Rasulullah bersabda :” العالم أمين الله فى الأرض ” ulama adalah penjaga / perantara agar manusia selalu ingat kepada Allah.”

Begitu banyak kemulian-kemulian para ulama yang termaktub dalam kitab-kitab, tidaklah pantas bagi kita yang masih bodoh tanpa ilmu tidak menghormati para ulama.

Semoga kita senantiasa bisa mencintai ulama dan bisa selalu bersama mereka dalam tiap majlis ilmu yang mereka berikan nasehat dan hikmah yang Allah titipkan pada mereka.

Amiien ya rabbal’alamin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »