Qana'ah

Google Image

Qanaah sangatlah simpel jika kita mau mengaplikasikan dalam kehidupan kita, tidak perlu banyak tips, tidak perlu banyak baca buku, tidak perlu harus keluar keringat, hanya memerlukan satu konsep bersabar dengan tersenyum.
kadang kala banyak dari orang2 tidak mengerti apa itu qanaah yang seharusnya dia miliki sebagai seorang muslim/muslimah. karna dibalik sifat qana’ah itu ada husnuzzan kapada Allah, bukankah berprasangka baik (husnuzzan) adalah sifat terpuji…? kita memang susah untuk menjalani nya tapi seiring berjalan waktu kita akan terbiasa insyaallah.

Menurut saya qana’ah itu terbagi dua, qanaah yang baik dan qanaah yang buruk. qanaah yang baik kita selalu mensyukuri apa yang ada pada kita dan segala pemberian Allah tanpa ada rasa mengeluh. adapun qanaah yang buruk itu kita terlalu cepat berpuas diri dalam melakukan sesuatu, misalkan cepat puas dalam belajar dan merasa sudah menguasai, cepat puas dalam berbuat baik dan merasa sudah banyak pahala.

Masalah qanaah seringkali diremehkan oleh sebagian besar kita, karna masalah ini tidak nampak pada manusia lain, tidak bisa dilihat layaknya ibadah amaliah lain, karana qanaah adalah ibadah amaliah qalbiyah. beramal dengan hati lebih menentramkan daripada dengan amaliyah fi’liyah. qalbiyah lebih jauh dari riya’ sedangkan fi’liyah penuh dengan pintu riya’ jika saja iman kita tidak bisa menutupnya.

Seringkali qanaah ini terabaikan oleh kita, bukan karna sengaja tapi karna kurang yang mengingatkan kita akan hal yang sangat terpuji lni.

Selaku perintah Allah dalam alquran “saling mengingatkanlah kalian karana mengingatkan itu menberi mamfaat bagi orang2 mukmin”

Selaku merefresh kembali hati kita sebelum lebaran demi menghilangkan air mata yang mengalir karna tidak mampu akan beli baju baru. berpuaslah diri terhadap apa yang kita punya karana dibawah kita ada yang paling bawah dan jangan berbangga diri karna setiap yang diatas ada yang paling atas Allah Swt. mengingatkan sambil belajar mengamalkan, semoga Allah menbimbing kita kepada jalannya. Amiiieen..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »